Sensorik, Kunci Kecerdasan Awal pada Anak

JAKARTA — Anak mempunyai banyak kecerdasan didalam dirinya mulai dari sisi kecerdasan linguistik, spasial, kinestetik serta banyak lagi yang lain yang dia pelajari dari kawasan. Tetapi ada 1 kecerdasan yang menjadi kunci awal kecerdasan yang lain pada anak yaitu kecerdasan sensorik.

Dalam workshops parent dengan judul “Sensor Play untuk Tumbuh dan Kembang Anak” di Sekolah Kirana Kebagusan, pada beberapa waktu lalu, Psikolog bernama Vierra Adella S.Psi Msi berkata sensorik adalah kunci dari kecerdasan paling awal yang mesti di miliki anak sebelum masuk ke bagian kecerdasan lain. Sebab menurutnya sensorik adalah gadget yang pertama di miliki anak tanpa perlu dipelajari dari lingkungannya.

“Mengapa disebut kecerdasan sensorik sebab gadget yang pertama kali di miliki anak tanpa perlu belajar merupakan gadget sensorik,” katanya.

Sensorik adalah kemampuan badan menangkap ataupun sering disebut indera ataupun penginderaan. Ada 5 penginderaan yang di kenal selama ini mulai dari sisi ihatan, pendengaran, penciuman, perasa serta peraba.

Lalu ada pula yang menyebut juga adanya indera tambahan diluar panca indera yaitu indera vestibular ataupun keseimbangan. Jika dahulu 5 indera saja yang di periksa. Padahal ada yang lain contohnya keseimbangan.

“1 lagi masalah pada menyensor serta mengontrol,” jelas Della.

Gadget sensorik ini yang sudah di miliki anak tanpa mesti dipelajari dahulu dari lingkungannya. Ini yang mesti dioles menjadi awal kecerdasan yang lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *